Rabu, 17 April 2013

Bagaimana Membiasakan Berbahasa Indonesia??



Tugas Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua
     Kasus yang dialami Bu Rahma merupakan masalah yang pemecahannya tidak dapat berhasil dalam waktu singkat. Oleh karena itu masalah berbahasa indonesia yang kurang baik dapat diperbaiki dengan mengubah
kebiasaan berbahasa daerah menjadi siswa yang mampu berbahasa indonesia yang baik melalui metode pembiasaan dalam lisan maupun tulisan yang harus dilakukan dan di mulai oleh Bu Rahma sendiri terhadap siswa kelas 4 SD/MI.
            Maka langkah langkah pembelajaran yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:
            Materi : Menulis Karangan
            Metode : Diskusi
            Pendekatan : Kooperatif






Langkah langkah pembelajaran
            Kegiatan awal
1.      Guru mengkondisikan kelas dan membuka pembelajaran dengan mengucap salam, lalu berdo’a.
2.      Guru memotifasi siswa dengan melakukan tanya jawab ringan seputar kegiatan sehari hari dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. ( di lakukan setiap awal masuk kelas ).

Kegiatan inti
1.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Guru meminta siswa untuk membuat tulisan karangan sesuai hobi siswa dengan menggunakan bahasa Indonesia.
3.      Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok ( 1 kelompok 3 siswa ) untuk mendiskusikan hasil karangan. ( guru mengawasi jalannya diskusi, Diskusi: menggunakan bahasa indonesia ).
4.      Setiap kelompok memaparkan hasil penulisan karangan yang telah di diskusikan ( penggunaan bahasa indonesia yang baik ).
5.      Guru memberikan evaluasi terhadap tulisan siswa ( penggunaan bahasa indonesia yang baik ).

Kegiatan akhir
1.      Guru memberikan tugas ( menulis percakapan yang di lakukan di sekolah antar siswa ).
2.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam penutup.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar