Tugas
Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua
Kasus
yang dialami Bu Rahma merupakan masalah yang pemecahannya tidak dapat berhasil
dalam waktu singkat. Oleh karena itu masalah berbahasa indonesia yang kurang
baik dapat diperbaiki dengan mengubah
kebiasaan berbahasa daerah menjadi siswa
yang mampu berbahasa indonesia yang baik melalui metode pembiasaan dalam lisan
maupun tulisan yang harus dilakukan dan di mulai oleh Bu Rahma sendiri terhadap
siswa kelas 4 SD/MI.
Maka langkah langkah pembelajaran
yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:
Materi : Menulis Karangan
Metode : Diskusi
Pendekatan : Kooperatif
Langkah langkah pembelajaran
Kegiatan awal
1. Guru
mengkondisikan kelas dan membuka pembelajaran dengan mengucap salam, lalu
berdo’a.
2. Guru
memotifasi siswa dengan melakukan tanya jawab ringan seputar kegiatan sehari
hari dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. ( di lakukan
setiap awal masuk kelas ).
Kegiatan
inti
1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Guru
meminta siswa untuk membuat tulisan karangan sesuai hobi siswa dengan
menggunakan bahasa Indonesia.
3. Guru
membimbing siswa untuk membuat kelompok ( 1 kelompok 3 siswa ) untuk
mendiskusikan hasil karangan. ( guru mengawasi jalannya diskusi, Diskusi:
menggunakan bahasa indonesia ).
4. Setiap
kelompok memaparkan hasil penulisan karangan yang telah di diskusikan (
penggunaan bahasa indonesia yang baik ).
5. Guru
memberikan evaluasi terhadap tulisan siswa ( penggunaan bahasa indonesia yang
baik ).
Kegiatan
akhir
1. Guru
memberikan tugas ( menulis percakapan yang di lakukan di sekolah antar siswa ).
2. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan do’a dan salam penutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar