Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
Satuan Pendidikan : MI Al-Falah
Kelas/semester :VI/1
Th Pelajaran : 2013/2014
Waktu : 1 kali pertemuan
Tema : Globalisasi
Kompetensi dasar
IPS
Menunjukkan prilaku cinta
tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa
nasionalisme
IPA Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran tuhan yang menciptakannya serta me
wujudkan dalam pengamalan ajaran
agama yan dianutnya
Bahasa
Indonesia memiliki kepedulian dan
tanggungjawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa indonesia
Indikator
IPS Mampu menyebutkan prilaku
cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa
nasionalisme
Mampu
menjelaskan prilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
sebagai perwujudan rasa nasionaisme
IPA Mampu menunjukkan kekaguman
terhadap alam dan jagad raya sebagai ciptaan tuhan
Mampu melaksanakan tugas
sebagai makhluk ciptaan tuhan
Bahasa
Indonesia Mampu menjelaskan
tanggungjawab dan kepedulian tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan
melalui bahasa indonesia
Mampu memberikan contoh
pemanfaatan bahasa indonesia di sekitar lingkungan
Tujuan Pembelajaran
IPS Setelah guru menjelaskan
materi nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, siswa dapat
menyebutkan dan menjelaskan prilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara.
IPA setelah guru menceritakan alam
dan jagad raya ciptaan tuhan,siswa dapat menunjukkan kekaguman terhadap ciptaan
tuhan dan melaksanakan tugas sebagai makhluk ciptaan tuhan.
Bahasa
Indonesia setelah siswa mempelajari
pemanfaatan bahasa indonesia melalui lingkungan, siswa dapat menunjukkan dan
memberikan contoh pemanfaatan bahasa indonesia melalui makhluk hidup dan
lingkungan.
Raresitif Pencapaian
Cinta tanah air
Bersyukur
Kepedulian dan tanggungjawab
Materi Pembelajaran
Globalisasi
Nasionalisme
Ciptaan Tuhan
Pemanfaatan Bahasa Indonesia
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Sumber/Alat belajar
Buku
paket
LCD
Alam
sekitar
Diri
sendiri
Langkah langkah pembelajaran
Kegiatan
Awal ( 15 menit )
Guru
mengucapkan salam dilanjutkan berdo’a
bersama
Guru
memberikan ice breking terkait materi dengan menyanyikan lagu kebangsaan
Indonesia raya bersama sama
Guru
menyampaikan tujuan belajar
Kegiatan
Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
Guru
menjelaskan materi secara singkat mengenai jagad raya serta kehidupan berbangsa
dan bernegara secara global serta menyajikan vidio bergambar alam semesta dan
gambar beberapa negara
Guru
dan siswa melakukan tanya jawab seputar alam dan jagad raya sebagi ciptaan
tuhan berikut makhluk hidup dan lingkungan serta kehidupan berbangsa dan
bernegara
Guru
memberikan umpan pertanyaan mengenai tanggungjawab terhadap lingkungan, siswa
yang mampu menjawab berhak memilih anggota kelompok
Setiap
kelompok diberikan waktu untuk mendiskusikan tentang cinta tanah air terhadap
bangsa dan negara, kepedulian terhadap lingkungan sebagai wujud syukur, ditulis
dengan bahasa indonesia baku
Elaborasi
Siswa
dan guru menbahas hasil diskusi dan guru menyempurnakan pengetahuan siswa
seputar globalisasi
Siswa
diberikan tugas rumah mencatat kepedulian dan tanggungjawab terhadap lingkungan
yang telah dan akan dilakukan
Guru
meminta siswa untuk cinta terhadap tanah
air dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan dipraktekkan didalam
kelas
Konfirmasi
Guru
menyimpulkan dan memberi penguatan materi
Kegiatan
akhir ( 10 menit )
Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil belajar
Guru
mengingatkan siswa terhadap PR dan dapat bertanggungjawab atas lingkungan serta
memiliki rasa cinta tanah air dengan berbahasa indonesia yang baik
Guru
menutup pelajaran dan berdo’a.
Penilaian
Jenis penilaian :
tes dan non tes
Bentuk penilaian : lisan, tulisan, perbuatan
Contoh Instrumen penilaian :
a. Tes
lisan ( IPS, Bahasa Indonesia )
Memberikan contoh sikap yang baik dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik
b. Tes
tulis ( Bahasa indonesia , IPA )
Menuliskan penjelasan tentang kepedulian
terhadap lingkungan dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik
c. Tes
perbuatan ( IPA, IPS )
no
|
Tanggungjawab
terhadap lingkungan
|
Rasa Nasionalisme
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
No
|
Nama
|
Tes
lisan 20
|
Tes
tulis 20
|
Tes
perbuatan 20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Surabaya, 06 Mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
........................ Syuria
Astuty
Tidak ada komentar:
Posting Komentar